Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu VPN Amankah Untuk Digunakan

VPN Ramai dibicarakan akhir-akhir ini disebabkan setelah adanya peristiwa dibatasinya akses ke media sosial.Hal itu menjadikan pengguna media facebook,Whatsapp tidak dapat menerima gambar dan video.Sehingga banyak yang menginstall aplikasi VPN agar bisa melihat gambar serta video.
Apalagi bagi mereka yang berbisnis online,adanya pembatasan akses ke medsos membuat transaksi terkendala.
Lalu apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya,apakah aman untuk digunakan?

VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan koneksi internet secara aman,pribadi(private),dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

APA ITU VPN?

Virtual Private Network (VPN) Adalah layanan koneksi yang memberikan anda akses ke sebuah website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Sederhananya VPN dapat menghubungkan smartphone,tablet,PC ke komputer lainnya (disebut VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet.Serta mengizinkan anda menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer.Jadi jika komputer(Server) berada di negara yang berbeda,itu akan menjadi negara yang anda gunakan ketika internet mencoba mengenal anda.Sehingga anda bisa mengakses sesuatu yang tidak bisa diakses dari negara anda.

BAGAIMANA CARA KERJA VPN?

Cara kerja VPN ini adalah melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik seperti di cafe kopi,atau warung internet membacanya.Jadi jika anda menggunakan VPN ini ibaratkan anda mengakses internet menggunakan jalur khusus,tidak memakai jaringan utama.
Kemudian Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi anda ke situs yang ingin anda akses.
Jadi koneksi yang anda gunakan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang anda gunakan pada saat itu.

PERBEDAANNYA ...

Jika anda menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi yang dilakukan adalah secara langsung tanpa dienkripsi.Sedangkan jika anda menggunakan VPN,maka koneksi yang dilakukan akan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui server VPN.

Berikut adalah ilustrasi dari koneksi Jaringan internet tanpa menggunakan VPN ;



Koneksi semacam ini adalah yang umum atau standar ketika kita menggunakan internet.Tidak ada enkripsi dan semua data yang terlibat dalam proses pertukaran data antara anda dan aplikasi bisa saja bisa dilihat oleh banyak orang.
Tidak masalah jika data yang diproses hanya seputar pencarian di google maupun sekedar hiburan.Akan tetapi akan menjadi masalah besar jika data yang diproses adalah perbankan online,Email bisnis,atau data yang lebih membutuhkan private.
Hal ini mungkin saja rentan terhadap serangan para oknum tidak bertanggung jawab.

Bagaimana jika anda menggunakan VPN ketika melakukan koneksi internet?




Ketika anda menggunakan VPN(biasanya berupa aplikasi) untuk mengakses internet maka data anda akan dienkripsi oleh aplikasi VPN tersebut baru dikirim melalui ISP kemudian ke server VPN.
Server VPN menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan Anda dengan situs atau layanan online. Ini akan dapat memecahkan masalah privasi dan keamanan data saat melakukan pertukaran data.

MANFAAT MENGGUNAKAN VPN:

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari VPN:
  • ByPass

Anda dapat melewati pembatasan geografi terhadap situs streaming atau video. Misalnya oleh pemerintah untuk mengakses situs yang dianggap membahayakan, dan lain sebagainya.
  • Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat VPN lainnya adalah melindungi pertukaran data yang Anda lakukan dari WiFi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya. Ini akan membantu ketika menggunakan jaringan publik di kafe, bar, dan semacamnya.
  • Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

VPN menyembunyikan lokasi Anda secara realtime ‘secara langsung’. Jadi, tidak sembarangan orang dapat mengetahui lokasi Anda berada saat melakukan akses. Biasanya lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN Anda berada.
  • Data Dienkripsi

Saat memproses pertukaran data antara Anda dan web aplikasi online, data Anda dienkripsi. Sehingga meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi, bukan data mentah saja.
  • Enkripsi Informasi Perangkat

Seseorang tidak bisa dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan, atau apa yang Anda lakukan.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain untuk menyembunyikan identitas asli, VPN juga dapat membatasi riwayat penelusuran oleh ISP dan pemerintah. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan dari penggunaan VPN, salah satunya adalah koneksi yang terkadang lebih lambat.

AMANKAH MENGGUNAKAN VPN?

Mengenai keamanan ini masih menjadi perdebatan antara karyawan dengan perusahaan IT.
VPN dapat membuat koneksi Anda sangat aman, tetapi itu juga tergantung dengan protokol (jalan) yang Anda gunakan untuk melakukan koneksi.
Keamanan menggunakan VPN masih terhalang dua faktor utama, yaitu:
  • Batasan Teknologi

Terbatasnya teknologi yang digunakan untuk mengembangan VPN, seperti tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.
  • Batasan Hukum

Batasan hukum dan kebijakan mempengaruhi apa yang dapat dilakukan dengan teknologi tersebut. Begitu pula dengan undang-undang negara tempat server dan perusahaan menyediakan VPN berada. Terkadang kebijakan perusahaan sendiri mempengaruhi cara perusahaan menerapkan teknologi ini dalam layanan mereka.

Jadi bisa dibilang tidak sepenuhnya menggunakan VPN itu aman. Namun, paling tidak menggunakan VPN akan lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi biasa.

Jadi, Kapan Harus Menggunakan VPN?

Mungkin di situasi tertentu anda membutuhkan VPN untuk mengamankan data anda agar tidak dilihat banyak orang.Jadi,Ada beberapa alasan menarik untuk menggunakan teknologi ini:
  • Membantu Anda mendapatkan koneksi yang lebih aman ketika menggunakan WiFi publik.
  • Mengenkripsi aktivitas Anda di situs web.
  • Menyembunyikan aktivitas Anda terhadap orang-orang yang ingin mencoba mengetahui secara diam-diam.
  • Menyembunyikan lokasi, dan mengizinkan Anda mengakses geo-blocked content ‘konten-konten yang diblok berdasarkan wilayah geografis’.
  • Memastikan Anda lebih anonim di dalam situs web.

 KESIMPULAN

Menggunakan VPN dapat mengamankan koneksi yang anda lakukan,begitu pula dengan data pribadi dan identitas. 
Namun jika anda ragu karena isu beberapa transaksi perbankan online yang terkena serangan akibat menggunakan aplikasi VPN sebaiknya lakukan transaksi yang selama ini menurut anda aman.

sumber : (niagahoster)

Posting Komentar untuk "Apa itu VPN Amankah Untuk Digunakan"